Wind of Change ( The Scorpions )

Posted by By Truth Seekers On 21.49

The Sountrack of World Piece


          Inilah salah satu lagu power ballad yang paling fenomenal sepanjang sejarah musik dunia. Lagu yang diawali siulan khasnya yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, itulah Wind of Change. Tidak berlebihan jika  lagu ini diklaim sebagai soundtrack perdamaian dunia ( the soundtrack of world piece ). Ditulis pada tahun 1990 oleh Klaus Meine, vokalis band rock legendaris asal Jerman, The Scorpions, lagu ini terinspirasi oleh fenomena perestroika atau re-strukturasi ekonomi-politik di Rusia ( dulu U.S.S.R ) yang disusul oleh transformasi politik radikal d kawasan blok timur.

      Pada tahun 1988-89, The Scorpions mengadakan tour untuk yang pertama kalinya di negara Rusia. Sebelumnya, dikarenakan gejolak politik yang sangat serius di negara yang berfaham komunisme ini, semua grup musik di luar rusia tidak diperkenankan untuk masuk. Scorpions merupakan salah satu grup musik pertama yang bisa masuk Rusia, mereka bermain di Leningrad, Moskow dan kota-kota lainnya. Pada tahun 1989 terjadi reformasi ekonomi-politik besar-besaran di Rusia yang digagas oleh presiden Mikhail Gorbachev yang terkenal dengan perestorika. Ia merupakan tanda berakhirnya komunisme, perang dingin di Rusia dan perubahan politik radikal di kawasan blok timur. Pada tahun itu pula, Gorbachev menggelar Moscow Music Peace Festival yang menampilkan band rock terkenal dunia, The Scorpions, Bon Jovi, Gorky Park, Ozzy Osbourne, Cinderella, Skid Row dan Motley Crue.

     Wind of Change merupakan lagu selebrasi perestorika. Dirilis dalam album Crazy World pada tahun 1990 dan menjadi singel pada tahun 1991, lagu ini mendapat apresiasi yang luar biasa di seluruh dunia. Selebrasi perdamaian dunia menjadi kian sempurna ketika runtuhnya tembok Berlin, simol reunifikasi Jerman barat dan timur bersamaan dengan dirilisnya lagu ini. Tidak hanya sampai di sini, transformasi politik ini menyebar di negara-negara lainnya di kawasan blok timur seperti Hongaria, Polandia, dll. So .. inilah Wind of Change, soundtrack perdamaian dunia :   


I follow the Moskva
Down to Gorky Park
Listening to the wind of change
An August summer night
Soldiers passing by
Listening to the wind of change

The world is closing in
Did you ever think
That we could be so close, like brothers
The future´s in the air
I can feel it everywhere
Blowing with the wind of change

Take me to the magic of the moment
On a glory night
Where the children of tomorrow dream away
in the wind of change

Walking down the street
Distant memories
Are buried in the past forever
I follow the Moskva
Down to Gorky Park
Listening to the wind of change

Take me to the magic of the moment
On a glory night
Where the children of tomorrow share their dreams
With you and me
Take me to the magic of the moment
On a glory night
Where the children of tomorrow dream away
in the wind of change

The wind of change
Blows straight into the face of time
Like a stormwind that will ring the freedom bell
For peace of mind
Let your balalaika sing
What my guitar wants to say

Take me to the magic of the moment
On a glory night
Where the children of tomorrow share their dreams
With you and me
Take me to the magic of the moment
On a glory night
Where the children of tomorrow dream away
in the wind of change



   Potongan pertama lirik di atas menceritakan pengalaman sang penulis lagu yang menyaksikan sendiri angin perubahan politik di Rusia pada tahun 88-89. Moskva dalam lirik di atas merupakan nama sebuah sungai di Moskow, sedangkan Gorky Park adalah sebuah taman hiburan yang juga berada di Moskow. Terinspirasi dari perestorika Moskow dan dirilis ketika runtuhnya tembok Berlin dan transformasi politik radikal di kawasan blok timur, Wind of Change, berdasarkan namanya, benar-benar merupakan simbol selebrasi perubahan politik dunia yang berhembus menuju arah yang lebih baik.


     Moment yang sangat tepat, menjadikan singel lagu ini sebagai salah satu dari 50 singel dengan angka penjualan tertinggi sepanjang sejarah. Di Jerman, singel ini terjual 6 juta copy, dan 20 juta copy di seluruh dunia. Seluruh chart lagu di belahan dunia, khususnya di eropa didominasi oleh wind of change yang memimpin di urutan teratas. Wind of Change menempati urutan pertama dalam chart lagu di Austria, Belanda, Jerman, Prancis, Norwegia, Swedia, Swiss, dsb, urutan ke-2 di US Billboard Mainstream Rock Track, urutan ke-4 di US Billboard Hot 100, dll. Lagu ini juga dirilis dengan versi Spanyol ( vientos de cambio ) dan Rusia ( betep nepemeh ). Selanjutnya, The Scorpions me-recycle lagu ini dengan versi orchestra pada tahun 2000 featuring Berlin Philarmonic Orchestra di album Momment of Glory, versi akustik di tahun 2001 di album Acoustica, dan terakhir direcycle di album terakhir mereka di tahun 2011, Comeblack. Pada tahun 2005, viewer ZDF Television Network di Jerman menobatkan Wind of Change sebagai Song of the Century. 

Langsung donlot aja      : original version (1990)

                                    acoustic version (2001)

                                    orchestra version (2000)

                                    spanish version (1991)

                                    rusian version (1991)

0 comments

Posting Komentar