Living In The Past .. ? (2)

Posted by By Truth Seekers On 21.05

      Kali ini saya kepengen menguliti problem "liping in the past" dengan kacamata tarbiyah Islam. Alkisah, suatu ketika terjadi percakapan antara seorang nenek yg sudah udzur, dengan anak dan  2 cucunya yg masih bau kencur : 
Nenek        : Cu .. kalau lagi liburan teh suka ngapain ajah ?
Cucu lki2    : Aku mah kalo liburan suka nonton Tipi sepuasnya  
                   sama maen Ai-Pad __ he..he..
Cucu Pr.   :  Kalo aku nek, suka maen komputer sama BBM-an __ hi..hi..
Nenek      :  Lho, kok kaya gituh, ( pandangan sang nenek langsung tertuju pada anaknya ),
                 dulu waktu ibu seumuran mereka, ibu suka menghabiskan waktu liburan dengan                            
                 mbaca buku cerita, bergurindam, dan menghapal surat-surat pendek ....
Cucu Pr.   : Kita juga sama kok nek, di Ai-Pad sama di komputer kan juga bisa baca cerita,
                 dengerin lagu dan bisa juga menghafal al-Qur'an, di Ai-Pad kan ada semuanya ..
Nenek      : Ai-Pad ?, apa atuh Ai-Pad teh ? .. ibu mah sama telepisi juga baru tahu kemaren
Anak        : Ibu __ dunia ini telah berubah, dan kita akan senantiasa menyaksikan perubahan 
                 itu selama kita masih hidup __ ^_^
Nenek      : Hmm .. ibu mah tidak tahu, mau sampai di mana kalian hidup dengan perubahan
                itu ?, Ibu cuman berharap mereka bisa hidup seperti ibu dan neneknya.
Anak        : Sepertinya Itu mustahil bu ... 
Nenek      : Masya Allah ___ jadi kalian mau melanggar tradisi nenek moyang kalian yang 
                padahal itu merupakan kearifan-kearifan yang diwarisakan kepada kalian ?
Anak        : Bukan seperti itu bu, kami tidak bermaksud melanggar kearifan dari
                tradisi nenek-kakek, yang kami maksud adalah cara-cara menjalani kehidupan,
                meskipun kami hidup di zaman teknologi,hal itu tidak akan menyebabkan kami 
                terputus dengan nilai-nilai itu _____ ^_^
Nenek      : Ya ___ mau bagaimana lagi zaman memang sudah edan ya, tapi tolong ingat 
                 satu hal saja dari ibu, janganlah kalian jauh dari kearifan itu. 


      Kira-kira  demikianlah salah satu contoh gambaran tentang kesenjangan antar generasi, dan kita sudah tahu khan sikap bijak yg harus dilakukan menurut si nenek tadi ?, mau secanggih apapun teknologi di zaman edan, ya tetep tradisi yg merupakan kearifan nenek moyang itu harus menjadi something to live by  _____


       Imam Ali kw. sebenanya sudah memberikan pencerahan kepada kita terkait hal ini : 

لا تكرهوا أولادكم على أخلاقكم, فانهم مخلوقون فى زمان غير زمانكم

" Janganlah kalian memaksa anak-anak kalian untuk mengikuti tradisi kalian, karena sesungguhnya mereka diciptakan pada masa yang berbeda dengan masa kalian ". 


       Beres kan ? ___ apa iya ?, ho .. rupanya ada satu lagi yg luput dari perhatian ; ketika fenomena post-modern yg katanya edan itu telah merubah bukan hanya tata cara berkehidupan, namun juga merambah kepada alam berfikir dan kesadaran, apakah kearifan-kearifan yg diwariskan itu masih berlaku sebagai something to live by ? _____ Sayah khawatir andaikata pergantan peradaban itu waktunya adalah sekarang, apakah yg bisa dijadiin indikator ?, simpelnya, kalo "pepatah dan pribahasa" nenek moyang itu masih berlaku pada manusia masa saat ini, itu tandanya jarak ideologis kita belum terlalu jauh dari nenek moyang. Bukankah dalam sela-sela kita berbicara, kalimat : "kata orang tua harus gini gitu/ceuk kolot baheula kudu kitu kudu kieu ..... dst" mesti mendapat porsi. Tafi .. kalo manusia masa kini udah cukup mampu membuat "pepatah dan peribahasa" tentang kehidupannya masa kini, itu pertanda bahwa kesadaran mereka telah berevolusi, dan ini memang kemajuan atas nama dinamika. So ____ bagaimana dg. dunia kita saat ini ? .... Sayah nggak mau bicara jauh-jauh dulu nyabet agama, tapi saya cuman ingin mengatakan bahwa manusia masa kini sedikit banyak sudah cukup mampu membuat "pepatah dan peribahasanya" sendiri terlepas dari pepatah nenek moyang.


      Contoh sederhananya seperti ini aja, pernahkah kita mendengar beberapa tradisi yg dipantang dlm menjalani kehidupan sehari-hari ?, misalnya nggak boleh nyapu malem-malem ntar menjauhkan rizki, nggak boleh beli jarum sama garam malem-malem, sampai yg agak lucu, jangan duduk di deket pintu, ntar susah ketemu jodohnya, dll, dst. ^_^ ______,, well, diakui ato tidak, inilah diantara sebagian tradisi sakral orang tua kita. Di tempat sayah peribadi, ketika masih kecil sekitar taun 96-an, beli silet malem-malem tu nggk boleh, pokoknya tradisi yg tadi tu masih berlaku, dengan satu alasan : "omongan org tua tu bukan omongan biasa", alasan logikalnya mungkin karena life experiences mereka juga. Mungkin bisa jadi, dulu ketika mereka hidup di abad 17, ato berapa, hal-hal tersebut emang bener-bener terjadi. Tapi di samping itu, ada alasan lain yg lebih kuat, yaitu alasan magis di setiap omongan org tua (ntar saya buktiin kalo zamannya kolot baheula tu emank zamannya magis).


     Dan ... as time goes by, as the years pass u by _____ saat ini orang-orang sudah pada berani beli jarum malem-malem, nyapu malem-malem, dan yg paling dipantang, mereka udah tidak takut lagi duduk di deket pintu. Alasannya : kalo lagi kerja pake mesin jahit, terus jarumnya patah, sedangkan kerjaan harus beres besok, apa harus nunggu siang buat beli jarum ?. Kedua Kalo malem-malem rumah kita kotor kaya kapal pecah, terus kita gg bisa tidur karena kekotoran itu, apa kita mau begadang nyampe siang nyampe bisa nyapu ?, yg paling berani adalah, mereka yg suka duduk di deket pintu, alasannya : emang apa hubungannya jodoh sama pintu ???. Ditambah lagi dengan fakta objektif yang mereka rasakan. _____ ^_^, yup .. secara konklusif, dapat kita lihat kesadaran magis telah bergeser kepada kesadaran rasionalis. ( meskipun kecendrungan ini juga bermata dua karena mengarah kepada demistikisasi __ pinjem term-nya Jalaluddin Rakhmat ___ yg berimbas kepada gersangnya spiritualitas ).

      walhasil, Kodrat manusia sebagai khalifah yang beregenerasi adalah niscaya, termasuk semua fenomena dan pergantian di dalamnya. Jika memang saatnya kita membuat "peribahasa dan pepatah" sendiri, kenapa tidak ?, tanpa menegasikan hikmah2 nenek moyang, sejatinya "pepatah" masa kini harus lebih kompleks. Kita sadari bahwa pepatah-pepatah seperti " buruk-buruk papan jati", kalo di sunda, "betik ketitik olo ketoro", kalo di Jawa, "bagantuang di akar lapuak", kalo di Minang,dsb, dst ___ memang masih dapat kita pelajari dan dijadikan pedoman hidup. Namun benturan memang niscaya, kekhawatiran degradasi, dsb. adalah wajar sebagai perasaan orang tua kepada anaknya. Tapi satu yg harus kita ingat : kita memang harus "Learn to the Past", dan tidak harus "Living in The Past" ___________^_^ , kalo tetap dipaksakan, maka "Siti Nurbaya" lainnya  akan terus bermunculan  ____, terakhir, sebagai generasi termuda yg bener-bener tahu "karakter zaman edan", kitalah yang sejatinya harus lebih bijak, dalam artian kita cari solusi bagaimana caranya agar proses "ganti kulit" ini berjalan mulus tanpa ada bagian manapun yg tersakiti_____ dengan satu mantra dari si idiot Punchuk Wangdu : All iz Well ___^_^

2 comments

  1. all is well,,
    kita bisa melakukan hal-hal baru yang masih mengandung spirit masa lalu yang tentunya yang sholih.
    al-Muhafadhotu alal Qodimi As-Sholih, wal akhdu bil jadid al-Aslah

    Posted on 21 September 2012 pukul 21.34

     
  2. Yupz ..... cuman sekarang tinggal " al-Akhdz bl jadid al-Ashlah'y " yg belum ......

    Posted on 21 September 2012 pukul 23.13

     

Posting Komentar